Ini Alasan Penderita Diabetes Harus Hati-Hati dengan Kaki Mereka

Kamis, 16 November 2017 - 12:42 WIB
Ini Alasan Penderita Diabetes Harus Hati-Hati dengan Kaki Mereka
Ini Alasan Penderita Diabetes Harus Hati-Hati dengan Kaki Mereka
A A A
JAKARTA - Banyak hal yang dikeluhkan para diabetes, sebutan untuk penyandang diabetes. Salah satunya masalah kaki yang menjadi penyebab penting dari komplikasi pada seorang dengan diabetes.

Kondisi ini disebabkan karena selama bertahun-tahun, sirkulasi darah di tungkai dan kaki dapat menjadi buruk dan saraf menjadi kurang sensitif. Akibatnya, diabetesi tidak sadar bisa melukai kaki mereka karena berkurangnya sensasi.

"Pasien berisiko untuk terjadi masalah kaki lebih sering pada usia lebih dari 40 tahun, perokok, mengalami penurunan sensasi dan aliran darah ke kaki dan kaki, cacat anatonims atau riwayat ulkus kaki atau amputasi sebelumnya," ujar Dr. Lily Sriwahyuni, MM, Direktur Pencegahan & Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan RI.

Untuk mencegah komplikasi kaki, diabetesi harus melakukan pemeriksaan secara teratur untuk berbagai kondisi kaki mereka. Seperti perdarahan dan kapalan, lecet, kuku tumbuh ke dalam, kulit kering dan pecah-pecah, kemerahan, bengkak, kehangatan, nyeri pada kaki, penyembuhan lambat dari luka serta hilangnya sensasi.

"Dengan perawatan kaki yang tepat, diperkirakan bahwa sebanyak setengah dari amputasi tungkai dan kaki bisa dicegah. Selain itu, pilihan yang tepat untuk alas kaki sangat penting," kata dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5647 seconds (0.1#10.140)